7-14 Agustus 2019

Gedung Kimia, IPB University dan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Departemen Kimia IPB University?Nagoya University?Naturalis Biodiversity Center?Leiden University?National Institute of Education, Nanyang Technological University

Latar Belakang dan Deskripsi Program

Marine natural products (MNP) didefinisikan sebagai metabolit sekunder yang dibiosintesis oleh organisme laut baik organisme makro atau mikro sebagai bentuk strategi pertahanan, rantai makanan, atau bentuk sinyal komunikasi terhadap lingkungannya. Indonesia dianugerahi dengan coral triangle dan dikenal sebagai pusat keanekaragaman hayati laut dunia. Keanekaragaman hayati laut dapat terdiri atas keanekaragaman molekul kimia dan aktivitas biologis yang dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang seperti biologi, pertanian, obat, material, energi, dan lingkungan. Disaat yang bersamaan   kita mempunyai kewajiban untuk menjaga ekosistem laut Indonesia melalui updating pengetahuan dan peningkatan skill untuk melakukan investigasi senyawa kimia dengan jumlah spesimen yang kecil, mengetahui spesies organisme laut yang diteliti, dan melakukan penentuan struktur molekul secara modern sehingga dapat mengurangi biaya dan meminimalkan dampak lingkungan yang terbentuk. Atas alasan-alsan tersebut, kegiatan international summer course on marine natural products (ISCMNP) sangat tepat untuk dilaksanakan. Tujuan utama dari ISCMNP ini adalah memperkenalkan marine natural product chemistry melalui studi kimia dan biologi biodiversitas laut Indonesia. Program ini mengundang tiga pakar dunia, yaitu Professor Masaki Kita (Nagoya University, Jepang), Professor Nicole J de Voogd (Naturalis Biodiversity Center dan Leiden University, Belanda), Professor Lik Tong Tan (Nanyang Technological University, Singapura). Program ilmiah ISCMNP mencakup biodiversity of Indo-Pacific marine organisms, isolation and structure elucidation of MNP, biosynthesis of MNP, synthesis and medicinal chemistry of MNP, marine chemical ecology, MNP chemical biology and biotechnology, mode of action and drug development. Kombinasi kuliah, presentasi poster/oral, field work, eksperimen laboratorium, dan sesi interaktif menyediakan pengalaman yang berharga dalam mempelajari marine natural product chemistry. Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Novriyandi Hanif, MSc dengan wakil ketua Prof. Dr. Dyah Iswantini, MAgrSc dan Dr. Henny Purwaningsih, MSi dan melibatkan sivitas akademika Departemen Kimia IPB University termasuk dosen, tendik, dan mahasiswa.

Hasil dan Dampak Kegiatan

Kegiatan ISCMNP dilaksanakan selama 8 hari dari tanggal 7?14 Agustus 2019 di Departemen Kimia, IPB University dan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Program ini diikuti oleh 12 mahasiswa PhD, 4 mahasiswa MSc, 5 mahasiwa BSc, 4 peneliti, dan 3 orang invited professor. Kegiatan ini terdiri atas 10 kali teaching class, 2 hari field work, 2 kali excursion, 2 kali tes on-line, 1 kali presentasi poster, 1 kali presentasi oral, dan 1 kali public lecture. Peserta yang terlibat terdiri atas 24 orang berasal dari 11 negara (Indonesia, Belanda, Jepang, Singapura, Perancis, India, Brazil, Kongo, Taiwan, Filipina, Etiopia, dan Cina) dan 15 universitas/riset institut kelas dunia. Selama kegiatan summer course di IPB University, panitia menyiapkan fasilitas terbaik dari IPB University di asrama internasional, wisma amarilis, dan wisma landhuis.

Tantangan dan Lesson Learned

Kegiatan ini diharapkan akan memicu peningkatan kuliah beratmosfer internasional, peningkatan kompetensi termasuk skill dan pengetahuan mahasiswa, peneliti dan dosen dalam bidang kimia organik, serta peningkatan kerjasama dan kecintaan terhadap penelitian berbasis maritim. Kegiatan ini direncanakan berkelanjutan dengan mengundang berbagai pakar dan peserta lainnya dalam bidang MNP dari seluruh dunia. Diakhir kegiatan, mahasiswa Departemen Kimia IPB University Trianda Ayuning Tyas menjadi pemenang pertama presentasi poster ISCMNP diikuti dengan Marie Madeleine Chabert (Naturalis Biodiversity Center/Leiden University, pemenang kedua), dan Hiromi Hirade (University of the Ryukyus, pemenang ketiga). Ucapan terima kasih ditujukan juga pada Kementrian RISTEKDIKTI melalui IPB University yang telah memberikan bantuan dana kegiatan ISCMNP ini.