Gambar1 1Pelatihan ISO dan HACCP merupakan rangkaian pelatihan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam bidang pengetahuan mengenai standar mutu laboratorium. Seluruh peserta dalam pelatihan ini adalah mahasiswa Kimia IPB angkatan 48 dan sebagian angkatan 47 yang sudah menempuh sidang serta ada pula yang sudah meraih gelar S.Si.

Acara ini diselenggarakan selama  dua hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu, tanggal 3 dan 4 Oktober 2015di Ruang Sidang Departemen Kimia IPB Dramaga. Pada hari Sabtu terdapat pengenalan mengenai ISO (International Standard Operation). Peserta yang hadir pada hari itu berjumlah 39 orang, padahal jumlah peserta yang telah terdaftar adalah 40 orang. Acara dimulai pukul 08.10 WIB, terlambat 10 menit dari waktu yang telah direncanakan namun acara tetap berjalan lancar dan mendapat antusias yang tinggi dari peserta. Setelah pemaparan materi mengenai ISO sampai pukul 12.00 WIB, acara dilanjutkan dengan Istirahat sampai dengan pukul 13.00 WIB dan diisi dengan materi selanjutnya sampai    dengan pukul 15.30 WIB dan sekaligus mengakhiri rangkaian acara hari itu. Hari selanjutnya (Minggu,4 Oktober 2015) diisi dengan materi mengenai HACCP dan post test yang nantinya akan dibagikan hasilnya pada peserta. Peserta yang hadir pada hari itu seluruhnya berjumlah 40 orang sesuai dengan jumlah seluruh peserta yang terdaftar. Materi mengenai HACCP dimulai pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan istirahat makan siag pukul 12.00 WIB.

 Setelah itu, acara kembali dilanjutkan dengan materi dan diakhiri dengan post test sekaligus menutup rangkaian acara ISO dan HACCP 2015. Selanjutnya acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama. Hasil skor pelatihan ini akan segera dibagikan oleh lembaga penyelenggara. Harapan dari pelatihan ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan peserta mengenai ISO dan HACCP,  sebab dalam dunia kerja, pelatihan ini amat bermanfaat serta sudah banyak perusahaan yang meminta sertifikat nilai ISO dan HACCP sebagai prasyarat diterima di sebuah instansi, sehingga acara ini sangat besar manfaatnya. Pelatihan ISO dan HACCP merupakan rangkaian pelatihan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam bidang pengetahuan mengenai standar mutu laboratorium. Seluruh peserta dalam pelatihan ini adalah mahasiswa Kimia IPB angkatan 48 dan sebagian angkatan 47 yang sudah menempuh sidang serta ada pula yang sudah meraih gelar S.Si. Acara ini diselenggarakan selama  dua hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu, tanggal 3 dan 4 Oktober 2015di Ruang Sidang Departemen Kimia IPB Dramaga.

Gambar 2Pada hari Sabtu terdapat pengenalan mengenai ISO (International Standard Operation). Peserta yang hadir pada hari itu berjumlah 39 orang, padahal jumlah peserta yang telah terdaftar adalah 40 orang. Acara dimulai pukul 08.10 WIB, terlambat 10 menit dari waktu yang telah direncanakan namun acara tetap berjalan lancar dan mendapat antusias yang tinggi dari peserta. Setelah pemaparan materi mengenai ISO sampai pukul 12.00 WIB, acara dilanjutkan dengan Istirahat sampai dengan pukul 13.00 WIB dan diisi dengan materi selanjutnya sampai dengan pukul 15.30 WIB dan sekaligus mengakhiri rangkaian acara hari itu. Hari selanjutnya (Minggu,4 Oktober 2015) diisi dengan materi mengenai HACCP dan post test yang nantinya akan dibagikan hasilnya pada peserta. Peserta yang hadir pada hari itu seluruhnya berjumlah 40 orang sesuai dengan jumlah seluruh peserta yang terdaftar. Materi mengenai HACCP dimulai pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan istirahat makan siag pukul 12.00 WIB. Setelah itu, acara kembali dilanjutkan dengan materi dan diakhiri dengan post test sekaligus menutup rangkaian acara ISO dan HACCP 2015. Selanjutnya acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama. Hasil skor pelatihan ini akan segera dibagikan oleh lembaga penyelenggara. Harapan dari pelatihan ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan peserta mengenai ISO dan HACCP,  sebab dalam dunia kerja, pelatihan ini amat bermanfaat serta sudah banyak perusahaan yang meminta sertifikat nilai ISO dan HACCP sebagai prasyarat diterima di sebuah instansi, sehingga acara ini sangat besar manfaatnya.

One Response to Pelatihan ISO DAN HACCP 3-4 Oktober 2015
  1. I decided to leave a message here on your Pelatihan ISO DAN HACCP 3-4 Oktober 2015 – Departemen Kimia page instead of calling you. Do you need more likes for your Facebook Fan Page? The more people that LIKE your website and fanpage on Facebook, the more credibility you will have with new visitors. It works the same for Twitter, Instagram and Youtube. When people visit your page and see that you have a lot of followers, they now want to follow you too. They too want to know what all the hype is and why all those people are following you. Get some free likes, followers, and views just for trying this service I found: https://z0p.org/4cck


[top]

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.