Profil Departemen

Profil

Departemen Kimia FMIPA IPB mengelola Program Sarjana (S1) Kimia, dan Program Magister (S2) Kimia, serta sedang dalam tahap pembahasan untuk Program Doktor (S3) Kimia. Program Sarjana (S1) Kimia berdiri pada tahun1989, meraih akreditasi A dari BAN PT tahun 2003, yang berhasil dipertahankan di tahun 2008 dan 2013, serta dalam tahap pengajuan untuk Akreditasi Internasional dari Royal Society of Chemistry (RSC). Program ini didukung oleh 38 dosen berpengalaman dengan kualifikasi 60% bergelar Doktor termasuk 5 orang Guru Besar, dan 40% bergelar Magister. Kelancaran proses belajar mengajar juga didukung oleh 39 orang tenaga kependidikan.

Materi kuliah dirancang dengan berbasis kepada potensi ilmu kimia dalam mengkaji dan mengembangkan material baru dan produk alam sebagai objek unggulan, dengan mempertim-bangkan kecenderungan perkembangan mutakhir ilmu kimia di negara maju. Kerja sama telah terjalin dengan berbagai instansi pemerintah (seperti Halmahera, Direktorat Tanaman Sayuran dan Biofarmaka Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan,. Kementerian Koordinator bidang Perekonomian), LP-POM MUI, swasta nasional (seperti PT Bintang Toedjoe, PT Charoen Phokphan, dan PT SOHO), maupun himpunan profesi (Himpunan Kimia Indonesia, Himpunan Polimer Indonesia, Kelompok Kerja Nasional Tumbuhan Obat Indonesia, dan Himpunan Kimia Bahan Alam Indonesia).

 

Kegiatan Akademik

Kegiatan akademik terdiri atas ceramah di kelas dan belajar mandiri (student-centered learning) yang dilakukan melalui peningkatan budaya membaca, menulis ilmiah, dan memanfaatkan teknologi informasi. Peningkatan kecakapan hidup (soft skills) mahasiswa diberikan melalui penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi kewirausahaan, bisnis, pemasaran termasuk pemodalan, kemampuan bekerja sama (team work), dan kepemimpinan (leadership).

 Program Beasiswa

Terdapat banyak program beasiswa tersedia bagi mahasiswa S1 Kimia. Beberapa contohnya yang telah banyak diterima adalah Bidikmisi, PPA, BBM, Tanoto Foundation, Djarum, dan Karya Salemba Empat. KI

Program Sinergi S1-S2

Kegiatan akademik terdiri atas ceramah di kelas dan belajar mandiri (student-centered learning) yang dilakukan melalui peningkatan budaya

Program Ekstrakurikuler

Soft skill mahasiswa dapat diasah melalui wadah himpunan profesi Ikatan Mahasiswa Kimia (Imasika). Selain itu, terdapat juga wadah pengembangan hobi olah raga (basket, futsal, dan badminton), musik (perkusi Cawan Petri, akustik), edutainment (Magic Chemistry), ekstraakademik (klub olimpiade, Chemistry Challenge, dan bimbingan belajar Avogadro).