Deskripsi

Departemen Kimia FMIPA IPB mengelola Program Sarjana (S1) Kimia, dan Program Magister (S2) Kimia, serta sedang dalam tahap pembahasan untuk Program Doktor (S3) Kimia. Program Sarjana (S1) Kimia berdiri pada tahun1989, meraih akreditasi A dari BAN PT tahun 2003, yang berhasil dipertahankan di tahun 2008 dan 2013, serta dalam tahap pengajuan untuk Akreditasi Internasional dari Royal Society of Chemistry (RSC). Program ini didukung oleh 38 dosen berpengalaman dengan kualifikasi 60% bergelar Doktor termasuk 5 orang Guru Besar, dan 40% bergelar Magister. Kelancaran proses belajar mengajar juga didukung oleh 39 orang tenaga kependidikan.

Materi kuliah dirancang dengan berbasis kepada potensi ilmu kimia dalam mengkaji dan mengembangkan material baru dan produk alam sebagai objek unggulan, dengan mempertim-bangkan kecenderungan perkembangan mutakhir ilmu kimia di negara maju. Kerja sama telah terjalin dengan berbagai instansi pemerintah (seperti Halmahera, Direktorat Tanaman Sayuran dan Biofarmaka Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan,. Kementerian Koordinator bidang Perekonomian), LP-POM MUI, swasta nasional (seperti PT Bintang Toedjoe, PT Charoen Phokphan, dan PT SOHO), maupun himpunan profesi (Himpunan Kimia Indonesia, Himpunan Polimer Indonesia, Kelompok Kerja Nasional Tumbuhan Obat Indonesia, dan Himpunan Kimia Bahan Alam Indonesia).

Mandat Departemen

Pengembangan iptek dalam bidang kimia meliputi pemahaman karakter, proses pemisahan, dan transformasi bahan untuk mendapatkan nilai tambah kimiawi

Visi

Menjadikan program studi kimia strata sarjana dan pasca sarjana sebagai program studi terkemuka di Indonesia dalam pengembangan sumber daya manusia dan ipteks dengan kompetensi utama penerap ilmu kimia dan berperan utama dalam pengembangan pertanian.

Misi

Selaras dengan misi IPB dan FMIPA IPB, maka disusunlah misi Departemen Kimia yaitu:

  1. mewujudkan lulusan dengan academic excellence (berdaya saing tinggi, berkemampuan cendekia, memiliki kepekaan sosial) dan berkarakter dalam penerapan ilmu kimia yang relevan dengan kebutuhan masyarakat kini dan mendatang, utamanya di bidang pertanian,
  2. menyelenggarakan kegiatan akademik dan pengabdian masyarakat yang dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan.

Sejarah Departemen Kimia

  • ?Berdiri pada tahun 1983 (SK Mendikbud No. 0546/O/1983)
  • ?Program Sarjana Kimia (Program S1) dimulai pada tahun 1988/1989
  • ?Program Magister Kimia (Program S2) dimulai pada tahun 2000/2001
  • ?Akreditasi Oleh BAN-PT:
  • ?Program S1 : A (Baik Sekali) hingga 2018
  • ?Program S2 : A (Baik) hingga 2020